Blog dan Artikel

Berikut kami sajikan berbagai macam informasi terkait pengendalian hama basmirayap.net

Gambar-Cara-Menghilangkan-Rayap-di-Tembok.png
30/Jan/2024

Jangan tunggu sampai rumah roboh! Segera lakukan cara menghilangkan rayap di tembok bila diserang oleh hama ini. Hal ini karena dinding adalah tulangnya bangunan.

Salah satu penyebab umum hama pemakan kayu menyerang dinding adalah karena kelembapan. Biasanya hal ini terjadi pada saat musim hujan. Di mana dinding biasanya akan sangat lembap akibat curah hujan yang tinggi.

Berbeda dengan musim kemarau yang jauh lebih kering dan panas, di musim hujan juga sangat rawan sekali dengan banjir. Ironisnya, saat banjir melanda di rumah-rumah yang konstruksi temboknya sudah retak, maka ini akan membuat bangunan jadi rapuh dan sangat lembap.

Kelembapan di retakan tembok inilah yang akan dimanfaatkan dengan baik oleh hama sebagai jalur utama untuk menggerogoti rumah dan membuatnya lapuk dari dalam. Semakin banyak retakan dan air yang masuk, semakin banyak dan cepat pula mereka datang dan menyerang.

Jangan biarkan! Karena kerugiannya pasti akan jauh lebih besar.

Kenali pertanda sebelum melakukan cara membersihkan rayap di tembok

Ada beberapa tanda yang bisa terlihat secara langsung jika mereka sudah berhasil masuk ke dalam tembok. Berikut di antaranya:

Tumpukan kotoran dan serbuk tembok kayu

Yang paling umum terlihat adalah tumpukan kotoran koloni yang kadang bercampur dengan serbuk sisa-sisa area yang mereka serang. Bagaimanapun mereka merongrong tembok, sudah pasti bagian dalam berlubang dan ada bagian rusak yang perlu mereka keluarkan.

Tumpukan kotoran ini bentuknya seperti gunung kecil yang terlihat saat hendak disapu. Bahkan, jika koloninya banyak, hanya beberapa saat disapu, area tersebut akan kotor lagi.

Tembok terasa kosong

Coba ketuk temboknya. Jika bagian dalam terasa kosong, maka bisa jadi di bagian tersebutlah lokasi koloni mereka.

Tembok mengelupas, basah, dan terlihat sangat lembap

Jika diperhatikan dengan seksama, ada beberapa bagian dinding yang akan terlihat kering dan bersih. Namun, ada juga yang permukaannya terlihat mengelupas dan basah. Catnya berubah warna jadi lebih gelap.

Bahaya membiarkan serangan hama pemakan kayu

Jika serangan mereka terus dibiarkan, maka kerugiannya adalah rupiah. Anda mungkin akan perlu:

  1. Merenovasi ulang rumah.
  2. Melakukan pengecatan ulang.
  3. Hama akan terus menyebar di semua ruang di rumah Anda.

Jika poin ketiga sampai terjadi, Anda butuh segera melakukan cara menghilangkan rayap di rumah agar seluruh ruangan aman.

Cara menghilangkan rayap di tembok

Berikut ini adalah beberapa metode yang bisa diterapkan untuk membasmi hama pemakan kayu yang bersembunyi di dalam dinding:

Gambar Cara Menghilangkan Rayap di Tembok

Cara praktis mengusir rayap pakai jebakan

Bagaimanapun Anda harus menyadari bahwa bagian dalam dinding bukanlah lokasi yang mudah dijangkau. Maka dari itu, langkah awal yang bisa dilakukan adalah memasang jebakan supaya mereka mau keluar dari sarangnya.

Jebakan yang bisa dipakai adalah kardus dan tisu.

Setelah mereka keluar dari tempat persembunyian, segera basmi. Boleh pakai obat anti rayap bubuk dan cair. Anda juga bisa langsung membakar kardus dan tisu yang sudah dikerumuni oleh para rayap.

Metode oles atau semprot

Metode ini dilakukan untuk melindungi permukaan tembok, Anda bisa menggunakan beberapa bahan:

  1. Air cucian beras.
  2. Air sabun.
  3. Soar.
  4. Oli.
  5. Obat kimia cair atau bubuk yang dapat dicairkan.

Metode penyuntikan

Dari semua metode pembersihan rayap di tembok, yang paling direkomendasikan adalah metode penyuntikan. Metode ini sangat efektif namun sayang tidak bisa dilakukan sendiri. Kenapa?

Metode penyuntikan dilakukan dengan cara mencari lokasi hama secara tepat. Kemudian akan dilakukan pengeboran di dinding sebagai jalur masuk obat kimia yang akan disuntikkan.

Jika dilakukan sendiri, risikonya adalah Anda mengebor di lokasi yang salah, pengeboran yang dilakukan tidak rapi sehingga merusak struktur rumah atau bahkan kabel di dalamnya, dan bahan kimia yang digunakan tidak cukup ampuh.

Jasa pembasmi rayap, Basmi Rayap, siap membantu Anda untuk melakukan treatment penyuntikan dengan cepat, tepat, dan aman. Konsultasikan dan jadwalkan surveinya dengan menghubungi nomor 0822-1146-1146. Kami akan membantu menemukan lokasi yang pasti untuk melakukan treatment secara benar.


Gambar-Cara-membasmi-rayap-dengan-kapur-barus.png
30/Jan/2024

Meski sudah dinyatakan aman oleh pemerintah, Anda tetap harus hati-hati dalam membasmi rayap dengan kapur barus. Apalagi sudah ada studi yang dilakukan tentang efek produk ini untuk sarang hama pemakan kayu dan kandungannya untuk manusia.

Tak bisa dipungkiri, kamper memang menjadi solusi yang simpel dan murah dalam pembasmian hama pemakan kayu. Namun, Anda tidak bisa menyepelekan dampak kesehatan yang mungkin ditimbulkan olehnya.

Timbanglah dengan benar, lebih penting mana kesehatan Anda dengan efektivitas pemakaian bahan ini untuk membasmi hama. Agar lebih jelas, silakan simak ulasan berikut.

Naphthalene, bahan yang ada di kapur barus ditemukan di sarang rayap

Studi terbaru mengungkap bahwa sarang rayap mengandung naphthalene. Senyawa yang terkandung dalam kamper. Diketahui bahwa senyawa ini sangat tidak disukai oleh semut merah, predator bagi hewan pemakan kayu.

Secara tidak langsung hal ini mengindikasikan bahwa rayap melindungi sarangnya dengan senyawa yang terkandung dalam kapur barus. Apakah artinya kamper tak cukup efektif untuk membasmi rayap? Silakan baca ulasannya di bawah ini.

Efektivitas kapur barus dalam membasmi hama

Lewat studi ini, banyak orang yang ragu dan salah kaprah dalam pemakaian kamper untuk membasmi hama.

Sejak dulu bahan ini digunakan untuk membasmi hama pemakan kayu dengan cara yang beragam. Misalnya dengan cara diletakkan langsung di lemari pakaian anti rayap, dihancurkan untuk ditaburkan ke sarang, dll.

Sebagian orang juga merasa puas karena furnitur dan rumahnya aman dari serangan rayap karena bahan alami ini. Maka dari itu, sampai sekarang bahan ini masih difungsikan secara masal di rumah-rumah.

Nah, jika Anda mau mencobanya juga. Silakan ikuti langkah aman pemakaian bahan ini dan cari tahu efektivitasnya sendiri.

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk bisa memberantas hama menggunakan kamper secara aman, yakni:

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Dicampur dengan kapur ajaib

Pertama, campurkanlah dengan kapur ajaib. Hancurkan keduanya sampai membentuk bubuk. Jika sudah, silakan taburkan campuran tersebut ke sarang atau jalan masuk rayap-rayap.

Campuran ini juga bisa dilarutkan dalam air lalu dimasukkan dalam sebuah botol yang bisa disemprotkan. Dengan cara seperti ini, campuran yang dibuat bisa digunakan secara simpel karena bisa diterapkan sewaktu-waktu.

Cara praktis mengusir rayap dengan minyak tanah dan kapur barus

Selain kapur ajaib, Anda juga bisa menggunakan minyak tanah untuk dicampurkan dengan kamper. Caranya adalah dengan menghancurkan kamper sampai benar-benar halus. Kemudian larutkan kamper ke minyak tanah.

Taruh larutan ini dalam sebuah wadah semprot yang praktis digunakan. Pilihlah wadah semprot yang bisa dikunci sehingga tidak bisa dipakai main oleh anak-anak.

Penyemprotan bisa dilakukan ke area di mana rayap bersarang, langsung ke koloninya, atau jalur lewatnya saat mencari makanan.

Kenali efek samping pemakaian kapur barus

Meski efektivitasnya sudah banyak dibuktikan oleh sebagian orang, Anda tetap harus memperhatikan dampak dan bahaya bahan ini sebelum melakukan cara-cara di atas.

Hal ini karena bahan ini bisa menyebabkan reaksi alergi pada anak-anak bila terkena kulit secara langsung. Baunya yang menyengat juga bisa menimbulkan rasa pusing bagi sebagian orang. Bahkan, ada yang menunjukkan gejala demam karena terpapar secara terus menerus.

Bentuknya yang unik dan warna-warni juga memiliki dampak negatif tersendiri. Buat anak-anak, kamper mungkin dianggap sebagai makanan sehingga dimasukkan ke dalam mulut.

Cara praktis mengusir rayap paling aman

Karena kontroversi dan tingkat bahayanya di atas, solusi terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memanggil jasa pembasmi rayap begitu tahu hama ini menyerang rumah.

Tim Basmi Rayap menggunakan bahan yang ramah lingkungan, tak meninggalkan residu, dan hasilnya bertahan dalam jangka waktu lama. Silakan jadwalkan reservasi sekarang melalui nomor 0822 1146 1146.


Gambar-Lemari-pakaian-anti-rayap-berbahan-plastik-hingga-kaca-silakan-pilih.png
30/Jan/2024

Temukan lemari pakaian anti rayap berbahan terbaik di pasaran. Kenali karakteristik dan harganya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan harapan.

Pemakaian furnitur yang bahannya tidak bisa disusupi hama merupakan salah satu trik supaya perabot dalam rumah selalu awet dalam jangka waktu lama. Baiknya, saat ini tersedia beragam bahan yang bisa dipilih oleh para pembeli. Semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Biasanya, kualitas bahan tersebut seimbang dengan harga yang ditawarkan. Anda bisa cek di marketplace untuk melihat perbandingannya. Namun sebelum itu, silakan baca ulasan di sini dulu sebagai bahan pertimbangan.

Lemari pakaian anti rayap berbahan plastik hingga kaca, silakan pilih!

Berikut ini adalah beberapa produk yang saat ini cukup jadi primadona bagi para pembeli perabot rumah tangga:

Lemari pakaian anti rayap berbahan plastik hingga kaca, silakan pilih!

Lemari pakaian anti jamur dan rayap, lemari plastik

Bahan pertama yang paling sering dibeli adalah plastik. Ini merupakan lemari yang laris di pasaran karena harganya yang sangat murah.

Bahan plastik yang digunakan dalam pembuatan lemari ini juga sangat aman untuk menyimpan barang dari serangan hama pemakan kayu dan jamur. Anda juga bisa membersihkan lemari ini dengan cukup mudah.

Selain itu, produk ini biasanya juga bisa dibongkar pasang dengan cepat. Cocok untuk orang yang suka pindah tempat. Misal masih kos, kontrak, atau semacamnya. Lemari plastik juga sangat ringan dan mobilitasnya tinggi. Bisa digeser-geser tak perlu diangkat.

Kelemahan produk ini adalah dari sisi keamanan. Biasanya kuncinya mudah dibobol sehingga tidak cocok digunakan untuk menyimpan barang berharga.

Selain itu, ukuran di dalamnya kadang tidak terlalu panjang. Saat menyetrika dan menyimpan baju, Anda harus menyesuaikan ukurannya dengan baik agar tetap rapi di dalam almari.

Lemari pakaian aluminium

Biasanya digunakan di dapur. Lemari ini cukup ringan dan harganya tidak lebih murah dari bahan plastik. Meski begitu, soal ketahanan terhadap rayap, jamur, dan air, sudah bisa dijamin.

Pada penggunaannya buat pakaian, bahan ini dikombinasikan dengan bahan lain, misalnya kaca. Aluminium hanya sebagai bagian pinggir yang membuat lemari menjadi lebih kokoh dan kuat.

Bahan perabot anti rayap dari kayu solid

Ini adalah salah satu pilihan klasik yang dari dulu hingga kini terus tren. Jika Anda memilih kayu solid sebagai bahan, maka pilihlah kayu dengan kualitas terbaik. Misalnya adalah kayu jati, merbau, kamper, atau semacamnya.

Kayu tahan air dan rayap tersebut juga harus dioles dengan pelapis anti rayap secara menyeluruh, dipelitur, atau mendapatkan perawatan pra konstruksi. Hal ini untuk memastikan kualitasnya agar jadi lebih baik lagi.

Kelebihan dari produk ini adalah mudah diukir dan disesuaikan dengan konsep rumah. Kekurangannya, mungkin agak berat dan susah dipindahkan.

Bahan kaca untuk membuat almari

Kaca memiliki kelebihan tersendiri dalam pembuatan lemari. Dengan kaca, Anda bisa membuat display baju. Sangat cocok buat tempat usaha seperti butik atau persewaan baju pernikahan.

Bagian pinggirnya, biasanya digunakan aluminium agar kesan modernnya makin terasa. Namun, bila ingin menonjolkan konsep klasik, Anda bisa menggunakan kayu sebagai kerangka. Jadi lebih fleksibel.

Kelemahan produk ini adalah mudah pecah. Sekali saja ada yang retak, meski ukurannya kecil, akan terasa mengganggu. Biar terlihat bagus, kaca harus diganti sepenuhnya.

Itulah beberapa pilihan lemari pakaian anti rayap yang bisa Anda ambil. Nah, agar rumah dan perabot selalu aman dari rayap, Anda bisa menghubungi kami, Basmi Rayap.

Tim kami melakukan pencegahan dan pembasmian hama dengan cepat. Proses yang kami lakukan sejak pembangunan rumah hingga saat bangunan sudah jadi. Maka dari itu, Anda bisa mengonsultasikan pembangunan rumah dengan kami. Terlebih bila di sekitar area Anda sudah ada serangan hama. Nomor kami 0822-1146-1146


Gambar-Manfaat-Ratu-Rayap.png
30/Jan/2024

Siapa sangka jika manfaat ratu rayap ternyata dikaitkan dengan kesehatan dan kesuburan tanah. Ibu dari hewan yang dijuluki sebagai silent destroyer ini diklaim memiliki kandungan protein yang tinggi.

Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu manfaat Sang Ratu untuk kesehatan. Di mana protein sendiri memang menjadi kandungan yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia.

Namun, apakah mengonsumsinya halal buat umat muslim?

Dalam kesempatan kali ini, kami akan membahas lengkap mengenai manfaat Sang Ratu hewan pemakan kayu untuk kesehatan, obat, dan ekosistem. Di samping itu, juga akan diulas sedikit mengenai halal haramnya.

Daftar 15 manfaat ratu rayap untuk kesehatan, obat, kulit, dan ekosistem

Berikut ini adalah beberapa khasiat yang bisa didapatkan ketika Anda mengonsumsi ratu dari hewan pemakan kayu ini:

Gambar Manfaat Ratu Rayap

Sebagai sumber protein

Ibu dari rayap diklaim mengandung lebih banyak protein jika dibandingkan dengan daging sapi per 100 gram. Hal ini bahkan sudah diungkapkan oleh ahli yang menelitinya.

Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol jahat dalam darah harus dinormalkan supaya bisa beraktivitas dengan bebas dan tubuh bugar kembali. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ratu rayap.

Menurunkan tekanan darah tinggi

Ibu dari para hama pemakan kayu ini memiliki fungsi untuk menurunkan hipertensi. Jadi, kalau ada masalah tekanan darah tinggi, Anda bisa mencobanya sebagai pengganti mentimun bila tidak ada.

Tumbuh kembang manusia yang masih dalam masa pertumbuhan

Anak-anak, remaja, dan ibu hamil membutuhkan manfaat ratu rayap untuk tumbuh kembang. Hal ini karena kandungan protein yang ada di dalam hewan tersebut.

Sebagai suplemen untuk tubuh

Pekerjaan yang menumpuk dan stres yang berkepanjangan bisa membuat tubuh mudah lelah dan capek. Salah satu solusinya adalah mengonsumsi ibu dari hewan pemakan kayu.

Sebagai obat untuk kulit

Masalah kulit seperti jerawat, panu, kadas, dan yang lainnya ternyata juga bisa ditangani dengan mudah pakai ratu rayap.

Mengatasi masalah asam urat

Penyakit asam urat merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak bisa langsung disembuhkan karena butuh pola hidup yang benar agar tidak kambuh. Kalau sudah kambuh sangat mengganggu aktivitas.

Ibu dari hama pemakan kayu disinyalir bisa membantu mengurangi kadar asam urat dan menormalkannya kembali.

Menurunkan kadar gula dalam darah

Diabetes atau kencing manis merupakan penyakit yang dikenal dengan kadar gula dalam darah yang tinggi. Anda bisa menurunkannya dengan khasiat ratu rayap.

Mencegah dan mengobati gangguan prostat

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari Sang ratu adalah pencegahan terhadap masalah prostat pada laki-laki.

Memperindah rambut

Rambut merupakan mahkota perempuan yang perlu diperhatikan. Manfaatkan ratu untuk memperindah rambut, menguatkan, dan membuatnya berkilau.

Mengontrol stamina agar tidak mudah lelah

Sudah disebutkan di atas bahwa ratu bisa digunakan sebagai bahan pembuat suplemen dan mengontrol stamina manusia. Tujuannya adalah tidak mudah letih, lesu, dan lelah.

Pembentukan tulang dan otot

Protein merupakan kandungan yang penting dalam pembentukan tulang dan otot. Sang ratu memiliki kandungan protein dalam jumlah banyak.

Kesuburan tanah dan menjaga ekosistem

Keberadaan laron yang sudah bereproduksi berarti menandakan bahwa tanah yang didiaminya merupakan area yang subur. Dengan bereproduksi, mereka juga turut menjaga kestabilan ekosistem.

Mengatasi masalah sakit pinggang

Encok, pegal, dan linu di daerah pinggang dan panggul merupakan kondisi yang umum diderita oleh lansia. Salah satu item yang bisa menguranginya adalah ratu rayap.

Mengobati sakit mata

Manfaat ratu rayap lain yang bisa didapatkan adalah untuk mengobati sakit pada mata.

Ratu rayap halal atau haram?

Masalahnya adalah bagi kaum muslim laron tidak tergolong sebagai hewan yang halal untuk dimakan. Demikian pendapat sebagian besar ulama’.

Untuk itu, jika Anda ingin melakukan cara membasmi rayap kayu kering jangan ragu untuk segera menghilangkan ratunya sekalian. Sebab justru dari sinilah koloni dapat berhenti. Karena yang bertelur atau bertugas berkembang biak sudah dibasmi duluan.

Panggil jasa pembasmi rayap untuk melakukan tindakan pembasmian cepat dan efektif. Hubungi Basmi Rayap di 0822-1146-1146.


Gambar-Yuk-pilih-bahan-kayu-tahan-air-dan-rayap.png
30/Jan/2024

Peduli itu penting, termasuk salah satunya peduli pada pemilihan kayu tahan air dan rayap supaya furnitur rumah awet. Jika tidak tahan lama, maka kerugiannya akan jauh lebih besar.

Coba kita main hitung-hitungan. Misalnya, tanpa disadari kita menggunakan bahan tak berkualitas untuk membuat rumah dan furnitur di dalamnya. Tak hanya itu, bahan tak berkualitas ini tidak dirawat secara khusus supaya tahan hama.

Hasilnya, hanya dalam hitungan bulan atau tepat saat musim hujan datang. Rumah-rumah yang mengalami kelembapan akan dapat dengan mudah diserang oleh hama. Sementara furnitur di dalamnya jelas akan ikut terkena dampak, yakni diserang juga.

Apa yang akan terjadi berikutnya? Sudah bisa dipastikan furnitur dalam rumah akan terkesan lapuk dan tidak kokoh lagi.

Kondisi lainnya seperti ini: pasangan muda yang baru menikah kadang ingin memilih perabot-perabot yang sudah jadi dan tersedia di toko-toko. Minimnya pengalaman membuat mereka membeli sekadarnya. Hanya berbekal pada kesesuaian budget tanpa peduli bagaimana kualitas barangnya.

Nah, akan sangat baik bila ternyata produk yang dibeli berkualitas. Tapi, bila yang terjadi sebaliknya maka ending-nya akan sama seperti pembuatan furnitur tanpa memperhatikan kualitas bahan. Lapuk dan mudah rusak.

Kalau sudah lapuk dalam hitungan bulan, maka mau tidak mau kita harus menggantinya. Untuk rumah, mungkin kita perlu merenovasinya.

Padahal biaya renovasi itu tak sedikit. Belum lagi fakta bahwa hal seperti ini akan merugikan waktu dan tenaga.

Lain halnya jika memang sejak awal kita memilih kayu anti rayap sebagai bahan. Juga dilakukan treatment supaya perabot jadi makin awet.

Artinya, furnitur tersebut akan aman-aman saja hingga kurun waktu 3 tahun, 5 tahun, dan seterusnya sampai puluhan tahun. Cukup sekali mengeluarkan uang banyak, tapi tak perlu ada renovasi dalam waktu dekat. Anda juga tak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga tambahan di tengah-tengah.

Kalau demikian, bukankah ternyata memilih kayu yang tahan terhadap cuaca dan hama di awal akan jauh lebih menguntungkan dan minim kerugian?

Yuk pilih bahan kayu tahan air dan rayap!

Sesuai pemaparan di atas, kita bisa melihat bahwa salah satu kendala seseorang mendapatkan bahan kayu berkualitas adalah karena harganya mahal.

Yuk pilih bahan kayu tahan air dan rayap!

Padahal, ada banyak variasi bahan yang bisa dipakai. Harganya beragam, ada yang murah ada yang mahal. Tinggal disesuaikan saja!

Jati

Populer di Indonesia. Kayu ini sangat kokoh, kuat, tahan terhadap air, dan yang jelas aman dari serangan hama. Kualitas jangan ditanya. Minusnya hanya satu, harganya memang mahal.

Merbau

Merbau memiliki warna coklat yang dipadukan dengan kuning dan merah. Sangat cocok dijadikan pengganti jati karena kualitasnya hampir sama. Soal harga, masih sebelas dua belas.

Kamper

Meski ringan, kayu ini sangat tahan terhadap rayap. Ketahanannya terhadap cuaca dan air juga cukup bagus.

Hama pemakan kayu tidak suka dengan jenis bahan ini karena baunya seperti kapur barus. Yang mana sudah bukan rahasia lagi kalau kapur barus merupakan bahan yang bisa digunakan untuk mengusir rayap secara alami.

Kabar baiknya, kayu dari Kalimantan ini harganya sangat murah. Cocok sekali untuk membuat plafon, atap, atau furnitur.

Kayu meranti

Soal ketahanan terhadap rayap, meranti mungkin kalah dari kamper. Tapi tetap bisa diandalkan karena cukup awet.

Kayu bengkirai

Kayu dari Kalimantan ini disebut juga dengan kayu balau. Cukup direkomendasikan dalam pembuatan bangunan.

Itulah beberapa jenis kayu tahan cuaca dan rayap yang bisa Anda pilih. Kalau selama masa pakai, Anda tetap menemukan hama pemakan kayu di dalam rumah dan serangannya masif, segera hubungi Basmi Rayap.

Tim kami sudah berpengalaman membasmi rayap sampai koloni dan ratunya. Habis tak bersisa. Baik itu di furnitur maupun di bagian terdalam rumah.

Anda bisa menghubungi kami di 0822-1146-1146. Konsultasikanlah dengan rinci dan kami siap melakukan inspeksi secara gratis. Bahkan, layanan kami pun bergaransi 3 tahun!


Gambar-Cara-menghilangkan-rayap-di-dinding-dan-tembok.png
30/Jan/2024

Kerugian yang diakibatkan oleh serangan hama tak ada yang sebesar serangan rayap. Segera lakukan cara menghilangkan rayap di dinding, plafon, tembok, dan lemari jika hama pemakan kayu mulai menyerang rumah Anda.

Hewan pemakan kayu ini boleh jadi memiliki ukuran yang sangat kecil, tapi jumlah koloninya sangat besar. Tak heran bila saat sudah menyerang, kerusakan yang ditimbulkan bisa merebak secara acak di seluruh wilayah rumah.

Secara umum, hewan pemakan kayu ini punya dua metode untuk bisa masuk ke dalam rumah. Pertama, melalui tanah (merongrong dari dalam tanah). Kedua, melalui udara, yakni pada saat tim reproduksi (laron) terbang untuk menemukan pasangan, lalu kawin, dan membuat koloni baru.

Bagaimanapun metodenya, cara membasmi rayap di tembok dan di daerah lain tidak akan bisa dilakukan jika Anda tidak tahu lokasi persembunyiannya. Atau sederhananya, cari dulu sarangnya. Paling tidak, temukan dulu kotoran yang membuktikan keberadaan mereka.

Cara identifikasi keberadaan rayap

Hampir sama dengan cara mencari ratu rayap, deteksi keberadaan koloninya juga bisa dilakukan dengan mengenali tanda-tandanya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi keberadaan hewan pemakan kayu sekaligus mencari tahu mereka masuk dalam golongan atau jenis yang mana, apakah kayu kering atau tanah.

Cari sisa makanannya

Mereka terlihat selalu memakan kayu, padahal sebenarnya yang dimakan adalah selulosa di dalamnya. Artinya, ada sisa serbuk kayu yang dikeluarkan setelah sarinya diambil. Serbuk kayu ini biasanya menumpuk berbentuk gunung-gunung kecil di sekitar rumah yang mereka ditinggali.

Dinding jadi berongga

Cek di sekitar dinding rumah, ketuk-ketuk. Jika rasanya seperti kosong, bisa dipastikan bahwa tembok rumah sudah berongga. Lakukan langkah yang serius untuk menangani masalah ini.

Bekas gigitan di sekitar kusen dan lemari

Pada beberapa kasus ditemukan bekas gigitan atau serangan mereka di kusen pintu dan lemari. Bekas gigitan mereka cukup bernilai seni dan apik. Namun, justru karena inilah kayu jadi makin lapuk dan mudah sekali rontok. Bahkan, ada yang sampai roboh dan jatuh secara keseluruhan.

Cara menghilangkan rayap di dinding dan tembok

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rayap di dinding, dari yang termurah hingga mahal.

Gambar Cara menghilangkan rayap di dinding dan tembok

Dijebak dulu pakai tisu atau kardus

Karena letaknya tersembunyi, pancing dulu mereka untuk keluar dari sarangnya. Caranya adalah dengan memakai tisu atau kardus yang sudah dibasahi. Dua benda ini amat disukai oleh rayap.

Tak heran bila mereka akan terpancing ke arah kardus dan tisu basah bila Anda letakkan di area yang dekat dengan tempat mereka mencari makan. Jika sudah terpancing, Anda bisa mengangkat dan membakarnya.

Gunakan air cucian beras

Air cucian beras merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan hewan pemakan kayu secara praktis dan murah. Cukup sisihkan bekas air cucian beras saat hendak memasak. Kemudian, pakai kuas atau semprotkan ke area yang ada hamanya.

Gunakan air tembakau

Selain air cucian beras, Anda juga bisa pakai air tembakau. Bau dari tembakau sangat khas. Tidak ada serangga yang menyukainya, termasuk hama pemakan kayu ini.

Campurkan air dengan tembakau, diamkan dan taruh di dalam botol semprot bekas. Semprotkan di area yang ada hamanya.

Air kapur sirih juga efektif

Selain dua bahan alami di atas, Anda juga bisa pakai air kapur sirih. Baunya sangat menyengat dan bisa membunuh hama dengan cepat.

Cara membasmi rayap dengan kapur barus yang bisa diterapkan di lemari

Carilah kapur barus yang warnanya keren dan baunya aman buat manusia. Namun, pastikan bahwa bau ini tidak disukai oleh hama.

Cara membasmi rayap di plafon rumah

Sama dengan di dinding, mengatasi masalah rayap di plafon rumah tidak bisa sembarangan. Letaknya yang tersembunyi kadang menyulitkan Anda untuk membasminya.

Maka dari itu, saran terbaik untuk mengatasi masalah rayap di tembok, dinding, plafon, dan rumah secara keseluruhan adalah dengan menghubungi jasa pembasmi rayap.

Tim dari Basmi Rayap bisa Anda hubungi di nomor 0822-1146-1146. Anda bisa berkonsultasi dengan tim profesional untuk menemukan solusi terbaik sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Jangan khawatir soal budget, Anda bisa juga berkonsultasi dengan kami mengenai hal tersebut. Sebab tarif yang dipasang dalam cara menghilangkan rayap sudah didasarkan pada luasan rumah dan dihitung per meter persegi.


Gambar-Cara-Menghilangkan-Rayap-di-Rumah.png
30/Jan/2024

Jangan biarkan rumah Anda jadi sarang rayap. Cobalah cara menghilangkan rayap di rumah sesegera mungkin. Basmi mereka sekarang dan selamanya. Pastikan bahwa semua ruangan aman dari serangga ini.

Tidak semua hewan pemakan kayu merugikan. Namun bukan berarti Anda bisa leha-leha dan membiarkan mereka menyerang rumah. Sebab faktanya, ketika mereka sudah menyerang, maka hitungan kerugian akan bertambah setiap harinya.

Jangan sampai tumpukan kerugian membuat Anda menyesal belakangan. Sebab kerugiannya biasanya bisa jutaan bahkan milyaran. Satu ruangan kena, mereka bisa cepat menyebar ke ruang lain dengan cepat.

Cara menghilangkan rayap di rumah secara ampuh dan seluruh ruangan aman

Gambar Cara Menghilangkan Rayap di Rumah

Pembasmian hama pemakan kayu biasanya dimulai dengan tindakan pencegahan. Yakni segala sesuatu yang dilakukan sebelum membangun rumah. Umumnya, treatment ini dinamakan dengan metode pra konstruksi.

Sistem pra konstruksi

Umumnya, metode ini dilakukan dengan cara menyemprotkan bahan efektif ke pondasi, galian tanah, atau bentuk persiapan bangunan lainnya.

Bahan aktif yang disemprotkan ini mengandung senyawa anti rayap yang membuat bangunan jadi tahan terhadap serangan mereka. Hewan pemakan kayu tidak akan bisa membuat sarang di dalam bangunan karena tidak bisa masuk melalui tanah.

Sistem pipa di sekitar rumah

Untuk memantapkan pengamanan bangunan dari serangan hama, biasanya pipa dipasang mengikuti jalur pondasi. Di bagian pinggir-pinggir. Pipa ini diisi bahan aktif yang bisa membasmi hama saat mereka hendak masuk ke dalam rumah.

Melakukan penyemprotan pasca konstruksi

Setelah bangunan jadi, penyemprotan bisa dilakukan agar rayap tidak masuk ke dalam rumah melalui permukaan tanah.

Kalau di rumah yang baru dibangun, treatment ini akan sangat aman dilakukan sebab belum banyak perabot yang masuk dalam ruangan. Selain itu, anggota rumah juga belum sepenuhnya berada di rumah tersebut.

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Ketika bangunan sudah jadi dan ternyata masih ada serangan hama pemakan kayu, maka pemakaian bahan alami menjadi salah satu solusi yang disarankan. Contoh bahan alaminya adalah kapur barus.

Kapur barus merupakan bahan alami yang efektif untuk mengusir hama di kamar mandi dan furnitur-furnitur. Benda warna-warni dengan bentuk beragam ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan rayap di kayu.

Anda bisa mendapatkan bahan ini dengan mudah. Ada di toko terdekat, swalayan, atau di toko online.

Cara membasmi rayap dengan oli dan solar

Selain kapur barus, bahan alami lain yang bisa digunakan pada pintu, kusen, dan beberapa ruangan di rumah adalah oli dan solar. Dua bahan alami ini bisa dikombinasikan (dipakai secara bersama) atau digunakan satu per satu. Oli sendiri atau solar sendiri.

Membasmi rayap menggunakan bahan kimia

Cara lain yang bisa ditempuh untuk bisa menghilangkan rayap adalah dengan menggunakan bahan kimia anti rayap.

Bahan kimia ini sudah banyak tersedia di toko bangunan dan marketplace. Kalau mau cari di toko bangunan, silakan tanya langsung dengan penjual terdekat di daerah Anda.

Kalau mau cari di internet, bisa langsung masuk ke situs marketplace dan cari produknya melalui kolom pencarian. Akan ada banyak pilihan produk. Cari yang terbaik berdasarkan harga, review, dan tingkat keamanannya.

Mengerti tingkat keamanan produk akan membuat Anda waspada dalam mengaplikasikannya di ruangan-ruangan dalam rumah.

Panggil jasa pembasmi rayap

Jika Anda merasa cara di atas tak cukup bisa diandalkan, maka panggillah tim jasa pembasmi rayap yang sudah berpengalaman.

Mereka sudah terbiasa menangani hama secara berkelanjutan. Yakni sejak saat rumah dibangun hingga jadi. Kami, Basmi Rayap, juga memberikan garansi untuk semua proses pelayanan yang kami lakukan. Buatlah jadwal segera di nomor 0822-1146-1146.


Gambar-Cara-Menghilangkan-Rayap-Tanah.png
30/Jan/2024

Amazing! Anda bisa coba cara menghilangkan rayap tanah dengan cepat dari sekarang. Simpel tapi hasilnya bisa dirasakan secara berkelanjutan dalam jangka waktu lama.

Sebagaimana kita tahu, pembasmian hama kayu memang tak bisa dianggap sepele. Buktinya, banyak orang yang sudah mencoba berbagai macam cara tapi tidak memberikan hasil yang signifikan. Lagi dan lagi, mereka kembali menyerang rumah. Apa masalahnya?

Salah satu kesalahan yang umumnya dilakukan adalah perawatan yang dilakukan hanya berlaku dalam jangka pendek. Tidak ada treatment pencegahan, penanganan, dan perawatan berkelanjutan. Sekali melakukan cara, sudah berhenti di sana. Baru setelah ada serangan, pembasmian dilakukan lagi.

Padahal, bila ingin terbebas dari hama ini, cara yang dilakukan haruslah berkelanjutan. Tidak hanya satu cara, melainkan didukung dengan cara-cara lainnya.

Cara praktis mengusir rayap dengan permainan suhu

Anda bisa coba trik perubahan suhu yang drastis. Bisa dingin sekali atau panas sekali. Caranya adalah dengan:

Memasang AC

Cara pertama ini bisa membuat ruangan terasa sangat dingin sehingga mereka akan pergi dengan cepat. Sebab pada dasarnya, hama pemakan kayu tidak suka dengan suhu yang dinginnya sangat ekstrem. Atur suhu air conditioner di angka terendah.

Matahari

Tak hanya suhu dingin, hewan ini juga tidak suka dengan suhu yang panas. Mereka cenderung lebih suka area yang redup dan lembap.

Pastikan bahwa area rumah Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup. Bisa disiasati dengan membuat rumah yang bukaannya luas, pakai kaca, atau partisi lipat.

Jemur perabot di luar

Sesekali, keluarkan perabot yang ada di dalam rumah. Jemur di bawah terik matahari. Ini akan membuat teksturnya kering, tak dingin, dan lembap. Hama pun tidak suka.

Cara membasmi rayap secara alami

Ada banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir sekaligus membasmi rayap saat mereka mulai menyerang.

Air garam

Anda cukup mencampurkan garam dengan air seperti biasa lalu disemprotkan ke area yang ada rayapnya.

Cara membasmi rayap dengan kapur barus

Bahan ini cocok digunakan pada furnitur dan kamar mandi.

Air sabun

Siramkan air sabun ke lubang lumpur yang mereka buat. Pastikan semuanya ikut terbawa arus.

Membasmi rayap dengan solar

Solar adalah bahan yang bisa digunakan dengan cara dioles dan disemprot. Tapi karena kepekatan dan warnanya, mayoritas cara yang digunakan adalah dioles atau usap.

Cara membasmi rayap dengan oli

Pemakaian oli sama dengan solar, dioles atau diusap.

Minyak jeruk

Minyak ini bisa dibeli dalam bentuk kemasan atau bikin sendiri dari ekstrak kulit jeruk.

Air tembakau

Tembakau memiliki bau yang khas. Anda bisa mencampurkannya dengan air sampai benar-benar tercampur.

Air cucian beras

Siramkan air cucian beras langsung ke rumah-rumah rayap sampai benar-benar terbawa arus, setiap hari.

Cacing nematoda

Cacing ini cukup efektif untuk membuat mereka terbasmi sampai koloninya.

Tanah diatom

Menggunakan tanah diatom juga cukup direkomendasikan. Sangat worth it untuk dicoba!

Jebakan kardus

Simpel! Anda tinggal membasahi kardus dan meletakkannya dekat dengan daerah kekuasaan mereka. Jebakan ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan rayap di tembok.

Air kapur sirih

Cairan ini sangat efektif untuk membasmi rayap tanah.

Cara menghilangkan rayap tanah dengan pengecekan menyeluruh area sekitar rumah

Agar keberhasilan cara ini kontinu, Anda juga perlu mengecek kondisi sekitar rumah.

Gambar Cara Menghilangkan Rayap Tanah

Genangan air

Jangan sampai ada genangan, bila ada segera kuras atau tutup dengan tanah.

Ubin atau lantai

Lantai dan ubin yang berlubang bisa menjadi tempat mereka memulai serangan. Segera ganti.

Pipa dan genteng

Kalau ada pipa air dan genteng yang bocor, baiknya segera diperbaiki.

Cara mematikan rayap di tembok

Cek retakan yang ada di tembok. Segera renovasi dan tutuplah secara sempurna.

Kayu-kayu bekas

Jika di sekitar rumah Anda ada kayu kering atau basah karena hujan, segera amankan mereka. Lokasi ini bisa jadi sarang ternyaman buat para rayap.

Cara membasmi rayap tanah secara menyeluruh

Jika Anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan dua puluh cara di atas, maka kami siap membantu. Tugas kami adalah membasmi rayap dengan cepat berdasarkan pengalaman dan keilmuan. Lisensi yang kami pegang membuktikan kredibilitas kami dalam menangani hama.

Hubungi kami sekarang di nomor 0822-1146-1146. Mari basmi rayap sekali untuk selamanya dengan cara menghilangkan rayap tanah yang ampuh dan efisien.


Gambar-Jenis-Kayu-Anti-Rayap.png
30/Jan/2024

Kabar gembira! Ada beragam jenis kayu anti rayap selain dari pohon jati. Varian bahan ini bahkan diklaim aman dari rayap tanah dan kayu kering menurut studi yang dilakukan 2015 lalu.

Selama ini, banyak orang yang hanya berpikir tentang meranti, ulin, jati, atau sengon sebagai opsi saat hendak membangun rumah. Padahal, ada banyak jenis kayu lain di Indonesia yang bisa dipakai sebagai bahan utama pembuat perabot.

Dengan berbagai pilihan yang ada, Anda bisa menyesuaikan mana jenis bahan yang harganya murah sehingga anggarannya tidak terlalu besar.

Jenis kayu anti rayap tanah dan kayu kering menurut studi!

Studi yang dilakukan pada tahun 2015 lalu oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan menyimpulkan bahwa 10 jenis dari 45 bahan yang diujikan ternyata memiliki ketahanan yang baik terhadap serangan hama. Apa saja kayunya?

Keruing (kruing), jenis kayu kalimantan yang bagus

Di Indonesia, keberadaan Keruing cukup merata. Anda bisa menemukannya di Kalimantan, Bali, Jawa, Lombok, Sumbawa, dan Sumatera.

Selain di Indonesia, pohon ini juga sering ditemukan di Filipina, Burma, Srilanka, Semenanjung Malaya, dll.

Pada umumnya, pohon ini sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu jenis bahan pertukangan. Pemanfaatannya bisa sebagai kusen, jendela, pagar, pilar, tangga, dll.

Resak

Resak masih satu keluarga dengan meranti. Kayu Resak bisa ditemukan di Papua, Maluku, Kalimantan, dan Sumatera. Bahan ini bisa dipakai untuk membuat lantai, bahan perkapalan, bodi kendaraan, rangka pintu dan jendela, dll.

Huru manuk

Ini adalah salah satu pohon yang sering ditemukan di Kalimantan barat dengan nama penaga. Pemanfaatannya adalah sebagai penyangga rumah, tiang-tiang, dan balok-balok. Bahkan, kayu ini juga dimanfaatkan untuk membuat papan jembatan karena bisa bengkok.

Untuk pemakaian di rumah, huru manuk bisa digunakan untuk kusen pintu, jendela, dan perabot.

Kabesak

Sering disebut dengan Pilang. Pohon ini sering dijumpai di wilayah Jawa, Timor, dan Bali. Ciri dari Kabesak adalah kuat dan indah.

Oleh karena itu, pemanfaatan kabesak biasanya adalah untuk perabot-perabot rumah yang mengutamakan nuansa indah dengan tingkat keawetan yang tinggi.

Memina

Bernama latin Pimeleodendron amboinicum, kayu ini memiliki ketahanan yang bagus terhadap rayap kayu kering dan tanah.

Wagha

Bahan ini masuk dalam jenis kayu tahan rayap nomor II. Artinya, Wagha memiliki ketahanan yang cukup bagus.

Kandis

Pohon asam kandis ternyata bisa menghasilkan kayu berkualitas baik. Kekuatannya akan bertambah bila Anda memberinya perawatan tertentu sebelum dibuat perabot rumah. Misalnya dengan diberi pelapis atau diawetkan.

Kriwek

Kelas kekuatan kriwek masuk dalam ketahanan tipe II yang cukup bagus. Sehingga bisa digunakan untuk membuat furnitur rumah tangga.

Injuwatu

Sering digunakan untuk membangun rumah adat. Umur dan ketahanan bahan ini sudah terbukti sangat lama. Faktanya, rumah adat yang kini berdiri masih sangat kokoh tanpa adanya gangguan hama pemakan kayu.

Gambar Jenis Kayu Anti Rayap

Mayela

Orang Sumba menggunakan bahan ini sebagai pembuat tiang untuk rumah mereka. Hal ini sudah turun temurun dilakukan sejak zaman nenek moyang.

Beragam jenis bahan di atas memanglah kuat, namun bila Anda kesulitan menemukannya maka gunakanlah bahan biasa saja.

Jenis kayu tahan air, bubuk, hama, dan jamur

  1. Meranti
  2. Jati
  3. Ulin
  4. Sonokeling
  5. Bangkirai, dll.

Meski menggunakan jenis kayu anti rayap, kadang serangan hama ini bisa datang tiba-tiba. Solusinya, silakan panggil jasa anti rayap Jakarta.

Tim Basmi Rayap siap membantu dengan cepat saat furnitur dan rumah Anda diserang. Hubungi kami sekarang 0822-1146-1146. Jangan tunggu sampai serangan mereka meluas dan menimbulkan kerugian besar.


Gambar-Cara-membasmi-rayap-kayu-kering.png
30/Jan/2024

Jangan khawatir! Anda tetap bisa melakukan cara membasmi rayap kayu kering meski mereka dikenal sangat sulit ditemukan sampai dijuluki silent destroyer. Hewan pemakan kayu jenis ini sangat pandai bersembunyi di bagian terdalam struktur bangunan dan merusak rumah dari bagian terdalam.

Kerugian yang diakibatkan oleh hama satu ini sangat banyak. Sebab meski koloninya kurang dari seribu, hama satu ini memiliki ketahanan hidup yang baik karena dapat beradaptasi dengan cepat.

Deteksi gejala rayap terlebih dahulu

 

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu adalah melakukan deteksi di mana lokasi rayap. Mengenali gejala keberadaan mereka akan memudahkan Anda menemukan lokasinya.

Hewan pemakan kayu jenis ini umumnya memasuki bangunan lewat atap rumah. Artinya, mereka bisa menyerang plafon. Mereka akan berjalan melalui material kayu lainnya yang terbuka dan bisa disusupi dengan mudah.

Untuk bisa menemukan mereka, tanda yang paling bisa dilihat adalah frass atau kotoran yang warnanya coklat dan biasanya menggunung di dekat kusen, jendela, dan pintu rumah. Frass bisa juga ditemukan di lokasi-lokasi yang tak terduga.

Cara membasmi rayap kayu kering yang ampuh

Jika lokasi sudah terdeteksi, langkah selanjutnya adalah mulai membasminya. Berikut ini adalah beberapa pilihan langkah yang bisa Anda coba:

Gunakan jebakan kardus dan tisu

Salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan secara alami sebagai cara membasmi rayap adalah dengan memakai jebakan kardus dan tisu.

Biasanya jebakan ini tinggal ditempelkan di dinding, kayu, atau area yang diserang. Kemudian mereka akan menghampiri jebakan untuk kemudian bisa kita lakukan tindakan pembasmian.

Caranya adalah dengan membasahi kardus atau tisu, kemudian letakkan di sekitar lokasi dekat area yang diserang. Saat mereka sudah berkumpul di jebakan yang dipasang. Ambil jebakannya lalu bakar bersama dengan hewannya.

Pakailah kapur barus atau kapur semut

Biasanya, lokasi mereka sangat terselubung. Oleh karena itu, untuk dapat membasminya Anda perlu bahan yang efektif seperti kapur barus. Keduanya bisa dihancurkan dan masuk langsung ke lokasi di mana rayap bersembunyi.

Hal ini bisa dilakukan bila lokasi mereka dapat Anda jangkau dengan tangan. Artinya, Anda bisa memasukkan kapur ke area mereka berada. Kalau tidak, cukup sulit juga untuk membasminya.

Terlebih, membuat garis di permukaan kayu menggunakan bahan ini juga tak cukup efektif. Hal ini karena rayap kayu kering menyerang dari dalam struktur bangunan. Jadi, mereka benar-benar tak terlihat.

Cara lain yang bisa dicoba

Sebenarnya, ada banyak cara lain yang bisa dicoba. Seperti menggunakan oli, solar, air cucian beras, garam, dll.

Namun, semua pemakaian produk dan cara tersebut tetap tergantung pada area ditemukannya hama ini. Kalau sulit dijangkau maka tidak mudah juga untuk membasminya.

Memakai bahan kimia cair dan bubuk

Ada banyak sekali produk berbahan kimia yang fungsinya khusus untuk membasmi rayap. Biasanya, produk ini bisa digunakan dengan cara suntik, semprot, dan kuas.

Pilihlah produk obat rayap pemakaiannya bisa dengan cara suntik. Sebab metode inilah yang paling efektif dan bekerja pada rayap kayu kering. Anda bisa mulai browsing produk-produk terbaik yang memiliki review positif.

Cara mematikan rayap di tembok paling ampuh

Tembok kayu menjadi salah satu lokasi persembunyian mereka yang paling aman. Maka tak heran bila cara mematikan rayap di tembok amat diperlukan. Adalah metode injeksi atau suntik yang ampuh dan terbukti mengatasi masalah ini.

Tim dari Basmi Rayap biasanya melakukan deteksi dengan tepat pada lokasi-lokasi tertentu kemudian melakukan suntik rayap dengan bahan terbaik dan metode yang tepat. Hasilnya, terbukti ampuh untuk merontokkan mereka.

Jika Anda memiliki masalah sama, bisa hubungi kami segera. Semakin ditunda, maka kerusakan bangunan akan semakin parah. Nomor kami belum berubah, 0822-1146-1146. Silakan hubungi kami dan temukan solusi masalah Anda segera!




RUMAH BEBASDARI RAYAP





RUMAH BEBASDARI RAYAP




0822-1146-1146


24/7 CUSTOMER SERVICE

Layanan customer service 24 jam kami siap melayani Anda dalam pengendalian hama rayap secara tepat.




Copyright © BASMIRAYAP.NET 2023. All rights reserved.





Copyright © BASMIRAYAP.NET 2023. All rights reserved.



WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang
Telp Sekarang 0822-1146-1146