Metamorfosis Rayap dan Siklus Hidupnya

February 10, 2020 by basmirayap0
Gambar-Metamorfosis-Rayap.png

Metamorfosis rayap merupakan salah satu contoh metamorfosis tak sempurna. Mereka juga melalui tahapan unik yang berbeda dari kebanyakan hewan. Di mana dari satu telur yang ditetaskan bisa menjadi 3 kasta dan bentuk yang berbeda.

Penasaran?

Siklus hidup rayap secara umum

Secara umum, rayap terbentuk dari telur yang kemudian berkembang menjadi nimfa muda. Selanjutnya nimfa muda akan berkembang menjadi nimfa dewasa dan berkembang lagi menjadi kasta pekerja, prajurit, dan nimfa fertil.

Buat kasta pekerja dan prajurit, siklus hidup mereka hanya sampai di situ. Sampai mati, tugas mereka adalah sebagai pekerja dan prajurit.

Akan tetapi, nimfa fertil masih terus berkembang menjadi laron (sayapnya tumbuh). Mereka kemudian melepas sayap saat sudah menemukan pasangan dan akan kawin.

Setelah sudah melepas sayapnya, mereka akan mencari tempat untuk membuat koloni baru. Saat itu jugalah mereka menjadi raja dan ratu untuk koloni mereka sendiri.

Berikut ini adalah siklus hidup rayap dibagi per kastanya:

  1. Prajurit : Telur – nimfa muda – nimfa dewasa – prajurit
  2. Pekerja : Telur – nimfa muda – nimfa dewasa – pekerja
  3. Ratu dan Raja : Telur – nimfa muda – nimfa dewasa – alates (laron) – calon raja dan ratu (lepas sayap) – jadi raja dan ratu – ratu bertelur lagi.

Dari telur sampai terbentuk jadi 3 kasta ini sering disebut dengan istilah Polimorfisme. Tahapan ini berlaku secara umum, yakni untuk klasifikasi rayap kayu dan tanah.

Metamorfosis rayap per tahap

Berikut ini adalah penjelasan masing-masing tahapan dalam metamorfosis rayap:

Gambar Metamorfosis Rayap

Telur

Ini merupakan tahapan awal akan terbentuknya koloni setelah raja dan ratu kawin. Sang ratu rayap mengandung banyak sekali telur. Ketika telur ini sudah siap keluar, maka dia akan mengeluarkannya.

Baca Juga  Cara Mencari Ratu Rayap di Rumah, Basmi Seluruh Koloni!

Menurut sebuah sumber, telur yang pertama kali keluar adalah telur berkasta pekerja. Artinya, jika menetas dia akan menjadi kasta pekerja.

Setelah kasta pekerja, telur yang keluar berikutnya adalah prajurit yang tugasnya adalah sebagai tim keamanan sarang.

Terakhir telur yang keluar adalah telur yang akan menetas menjadi kasta reproduksi. Calon raja dan ratu berikutnya.

Nimfa

Pada fase ini biasanya hewan akan mengalami pergantian kulit, tahapannya disebut instar. Setiap hewan, termasuk rayap, memiliki tahapan instar yang berbeda-beda.

Nimfa dewasa / imago

Setelah melalui proses pergantian kulit, nimfa-nimfa tersebut akan menuju ke arah pendewasaan. Tanda mereka memasuki tahap imago adalah sudah terbentuknya organ tubuh. Sehingga pada tahap ini mereka sudah mulai bisa menjalankan perannya masing-masing sesuai dengan kastanya.

Alates (laron)

Metamorfosis rayap pekerja dan prajurit akan berhenti setelah mereka bisa berperan untuk koloninya. Namun, nimfa fertil tetap harus berkembang hingga mereka siap untuk kawin.

Salah satu tanda mereka siap kawin adalah munculnya sayap atau mereka jadi laron. Jika tahapannya sudah sampai di sini, maka mereka akan terbang keluar untuk mencari pasangan.

Masa melepas sayap

Mereka kemudian akan melepas sayapnya jika sudah mendapatkan pasangan, lalu menciptakan koloni baru.

Jelaskan metamorfosis tidak sempurna pada rayap

Seperti sebagian hewan yang mengalami metamorfosis, jenis perkembangan hewan pemakan kayu ini disebut dengan Hemimetabola atau metamorfosis tidak sempurna. Kenapa disebut seperti ini?

Hal ini karena dalam fase perkembangannya, mereka melewatkan fase pupa. Mereka tidak menjadi kepompong dulu tapi dari telur langsung menetas dan tumbuh menjadi dewasa.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa koloni rayap terus bertambah dengan cepat. Nimfa fertil mereka juga dilengkapi dengan sayap yang memungkinkan untuk membuat koloni baru terletak jauh dari koloni lama.

Baca Juga  15 Manfaat Ratu Rayap untuk Obat, Kesehatan, dan Ekosistem

Dengan sayap ini, mereka jauh lebih bebas dalam menentukan akan membuat koloni di mana.

Maka dari itu, saat mereka sudah menginvasi rumah, baiknya segera dibersihkan. Pembasmian rayap bisa dipercayakan kepada kami, Basmi Rayap. Kami siap untuk menangani masalah rayap sampai ke telur-telurnya.

Membuat metamorfosis rayap di bangunan berakhir dan memastikan bahwa bangunan sudah aman dengan meminimalkan kerugian. Silakan hubungi kami di nomor 0822.1500.2300.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Notice: Undefined variable: output in /home/basmirayap/public_html/wp-content/plugins/medicare/medicare.php on line 1506

Notice: Undefined variable: output in /home/basmirayap/public_html/wp-content/plugins/medicare/medicare.php on line 1506


RUMAH BEBASDARI RAYAP





RUMAH BEBASDARI RAYAP




0822-1500-2300


24/7 CUSTOMER SERVICE

Layanan customer service 24 jam kami siap melayani Anda dalam pengendalian hama rayap secara tepat.




Copyright © BASMIRAYAP.NET 2020. All rights reserved.





Copyright © BASMIRAYAP.NET 2020. All rights reserved.



Baca Juga  Jenis Rayap, Morfologi, dan Cara Pencegahannya
WhatsApp Whatsapp Kami Sekarang